Keamanan Sistem dan Proteksi



Pendahuluan

Keamanan komputer adalah suatu perlindungan yang diusahakan oleh suatu system informasi dalam rangka mencapai sasaran hasil yang bisa diterapkan atau cara untuk memelihara integritas, kerahasiaan dan tersedianya informasi. Tetapi pada saat ini sistem komputer yang terpasang makin mudah diakses. Sistem time sharing dan akses jarak jauh menyebabkan kelemahan komunikasi data menjadi pokok masalah keamanan. Kelemahan ini menjadi amat serius dnegan meningkatknya perkembangan jaringan komputer.

Kecenderungan lain saat ini adalahmemberi tanggung jawab pengelolaan aktivitas pribadi dan bisnis ke komputer. Komputer telah rutin dipakai untuk korespondensi yang sanga sensitif, seperti : 
  1. sistem transfer dana elektronis (electronic fund transfer system) : melewatkan sejumlah uang sebagai aliran bit 
  2. sistem kendali lalu lintas udara (air traffic control system) : melakukan banyak kerja yang sebelumnya ditangani pengendali manusia. 
  3. Unit rawat intensif di rumah sakit sudah sangat terkomputerisasi.
Saat ini, implementasi pengamanan sangat penting untuk enjamin sistem tidak diinterupsi dan diganggu. Proteksi dan pengaman terhadap perangkat keras dan sistem operasi sama pentingnya.

Sistem operasi hanya satu porsi kecil dari seluruh perangkat lunak di suatu sistem. Tetapi karena peran sistem operasi mengendalikan pengaksesan ke sumber daya, dimana perangkat lunak lain pengaksesan sumber daya lewat sistem operasi, maka sistem operasi menempati posisi yang penting dalam pengamanan sistem. Pengamanan perangkat lunak cenderung memfokuskan pada pengamanan sistem operasi. Perlu diingat bahwa perangkat lunak aplikasi juga memberi resiko keamanan.

Keamanan sistem operasi merupakan bagian dari masalah sistem komputer secara total, tapi telah menjadi bagian yang meningkat kepentingannya. Pengamanan sistem operasi berarti kecil jika setipa orang dapat berjalan melenggang di ruang sistem komputer. Pengamanan secara fisik  dengan membatasi pengaksesan fisik secara langsung dengan fasilitas sistem komputer harus dilakukan juga.

1. Keamanan

Pengamanan sistem komputer bertujuan untuk menjamin sumber daya tidak digunakan atau dimodifikasi oleh orang tak berhak. Pengamanan termasuk masalah teknis, manajerial, legalitas dan politis.
Terdapat empat macama kejahatan komputer, antara lain :
  1. Pencurian waktu komputer. Ini meliputi waktu yang diperlukan memperbaiki sistem komputer setelah terkena virus.
  2. Pencurian data
  3. Manipulasi program komputer
  4. Pencurian software maupun pengkopian software
Keamanan sistem terbagi menjadi tiga, yaitu :
1.Keamanan eksternal
Keamanan eksternal berkaitan dengan pengamanan fasilitas komputer dari penyusup dan bencana seperti kebakaran atau kebanjiran.

2.Keamanan interface pemakai
Keamanan interface pemakai berkaitan dengan identifikasi pemakai sebelum pemakai diijinkan mengakses program dan data yang disimpan.

3.Keamanan internal
Keamanan internal berkaitan dengan pengamanan beragam kendali yang dibangun pada perangkat keras dan sistem operasi yang menjamin operasi yang lhandal dan tak terkorupsi untuk menjaga integritas program dan data. Download Full Materi


Sumber : http://robby.c.staff.gunadarma.ac.id


Responses

1 Respones to "Keamanan Sistem dan Proteksi"

Shikamaru Nara said...

yuhuu, infonya sangat membantu
solder uap


30 July 2019 at 23:38

Post a Comment

Return to top of page Copyright © 2011 | Platinum Theme Converted into Blogger Template by Hack Tutors